Logo Website 2.1
Search
Close this search box.

PROGRAM MA'HAD AL-AZHAR

Pengumuman

Pendaftaran Pondok Pesantren Afwaja Center Mesir Program Ma’had Al-Azhar Gelombang 3 Dibuka dari 15 Mei 2024 sampai dengan 10 Juli 2024

Pendaftaran

Untuk mengikuti program kami, silakan klik tautan di bawah ini atau apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait program ini, jangan sungkan untuk menghubungi kami pada kontak yang tertera.

Detail Program

Apa itu Ma'had Al-Azhar?

Ma’had Al-Azhar (Ma’had Bu’uts Al-Islamiyyah Lil I’dadiy Wa Tsanawiy) adalah program pendidikan formal untuk jenjang SMP hingga SMA yang dijalankan oleh Lembaga Pendidikan Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir. Program ini dirancang khusus untuk pelajar internasional sebagai persiapan memasuki pendidikan tinggi di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Siapa Saja yang Bisa Mendaftar?

Program Ma’had Al-Azhar ini dibuka untuk masyarakat luas, dengan syarat peserta adalah mereka yang berusia minimal 12 tahun dan telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar (SD) atau yang setara.

Persyaratan

Syarat dan Ketentuan Pelajar

  1. Muslim/Muslimah
  2. Usia 12-50 Tahun
  3. Melengkapi Pemberkasan
  4. Wajib tinggal di asrama Afwaja Center
  5. Menyelesaikan seluruh administrasi
  6. Mengikuti karantina pembekalan

Berkas Persyaratan

  1. Paspor Asli
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi KTP Pribadi (Jika Sudah Ada)
  4. Fotokopi KTP Kedua Orangtua
  5. Fotokopi Akta Kelahiran
  6. Fotokopi Ijazah terakhir yang dilegalisasi
  7. Pas Foto Ukuran 4×6 cm Latar Putih (6 Lembar)
  8. Pas Foto Ukuran 3×4 cm Latar Merah (6 Lembar)
  9. Rekomendasi Kemenag Daerah
  10. Rekomendasi Sekolah Asal
  11. Surat Izin Orangtua (unduh di sini)
  12. Formulir KSKK* (unduh di sini)
  13. Rekening Koran 3 Bulan Terakhir
  14. Menandatangani surat perjanjian lembaga dengan santri dan wali santri (unduh di sini)
  15. Meterai Rp10.000 (5 lembar)
  16. SKCK dari Kepolisian Setempat/Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Sekolah Asal
  17. Surat keterangan sehat dari Puskesmas, Rumah Sakit atau Klinik terdekat.

*nama pemohon diganti dengan nama calon santri, dan nama orang tua diganti dengan nama calon wali santri

Mengapa Harus Memilih Afwaja

Sebagai Mediator Pendidikan Anda?

  1. Pengajar Bahasa Arab dimbimbing langsung oleh para Duktur (Doktor/S3) di Al-Azhar dan dibimbing oleh para pengajar Indonesia yang merupakan alumni Al-Azhar yang sedang menempuh pendidikan S2 dan S3 di Mesir.
  2. Mempunyai program Tahfidz & Tahsin Al-Qur’an bersanad yang dibimbing oleh Syaikh Dr. Ahmad Zaid untuk santri banin dan Syaikhah Najlaa Elsayed Mohamed untuk santri banat yang bersambung hingga Rasulullah SAW.
  3. Para musyrif/pembimbing asrama berasal dari Syekh Mesir dan para Asatidz yang mayoritas sedang menempuh S2 Al-Azhar Kairo, Mesir
  4. Wajib berbicara Bahasa Arab dalam asrama dan meminimalisir handphone/gadget
  5. Program intensif persiapan ujian Dirosah Khashah dari Ma’had Al-Azhar
  6. Sistem asrama Afwaja seperti sistem pondok pesantren di Indonesia yang mana para santri mendapatkan pendidikan, pembinaan, pembelajaran dan dikontrol selama 24 jam di luar pembelajaran Ma’had
  7. Mendapatkan bimbingan belajar untuk seluruh mata pelajaran di Ma’had Al-Azhar
  8. Mempelajari ktiab-kitab klasik dan menghafalkan matan-matannya

Apa Kata Santri Kami?

Mari dengarkan apa kata Mereka yang sudah berangkat bersama Kami!

FAQs

Boleh, karena Ma’had ini adalah salah satu jalur alternatif termudah bagi siswa/i yang berkeinginan melanjutkan kuliah di universitas Al Azhar Kairo Mesir.

Ya, ananda diperbolehkan membawa gadget. Akan tetapi, waktu penggunaanya dibatasi. 

Hampir semua anak yang berangkat belum memiliki kesiapan dalam bahasa arab, maka bimbingan yang diberikan pada 1-2 bulan di Indonesia terlebih dahulu lalu dilanjutkan setelah kedatangan di Kairo adalah pendalaman bahasa, pengetahuan Islam dan penajaman hafalan al-Qur’an.

Bergantung pada kemampuan dan semangat siswa/i selama disana, karena Al Azhar memberi kesempatan semua siswa/i untuk mengikuti مسابقة atau tes akselerasi untuk lompat kelas.

Rata-rata siswa/i Indonesia di Ma’had jenjang SMP-SMA menempuh kisaran 1-3 tahun untuk lulus dalam program Ma’had dan langsung dapat melanjutkan kuliah di Universitas Al Azhar tanpa tes.

Pendidikan di Ma’had Al Azhar tidak berbayar alias GRATIS sejak mendaftar hingga lulus.

Jalur ini adalah bersifat mandiri, artinya biaya yang dibutuhkan untuk proses keberangkatan seperti paspor, visa, tiket, pengurusan di bandara, biaya asrama bulanan dan lain-lain di luar sekolah adalah menjadi tanggung jawab calon siswa/i yang bersangkutan.

Biaya hidup di Mesir relatif terjangkau. Selain biaya asrama, yang diperlukan tiap siswa untuk keperluan pribadi kisaran Rp. 400.000 s/d 1.000.000 per bulan

Dalam satu tahun, akan ada libur panjang musim panas yang dapat digunakan oleh siswa/i untuk berlibur ke tanah air (pulang kampung), atau mengisi liburan dengan berkunjung ke negara tetangga seperti Turki dan Arab Saudi (umroh), atau tetap berdiam di Mesir dengan segala kegiatan positif yang selalu diselenggarakan selama musim liburan.

Siswa/i yang lulus dari Ma’had akan mendapat ijazah setingkat SMA dari Al-Azhar yang diakui seluruh universitas di dunia jika ingin melanjutkan kuliah di luar Mesir.

Siswa/i yang telah lulus dari program Ma’had Al Azhar akan mendapatkan prioritas untuk melanjutkan kuliah di Universitas Al Azhar tanpa tes, tanpa biaya dan tanpa harus mengikuti kelas bahasa lagi (دور اللغة).

Dipersilahkan bagi orangtua atau famili yang ingin mendampingi anaknya ke Mesir untuk ikut serta bergabung dalam keberangkatan, dengan biaya yang sama ditambah biaya tiket kepulangan rute Cairo-Jakarta.

Tunggu Apa Lagi?

Kejar mimpimu 'tuk sekolah di Al-Azhar Kairo bersama bami