Logo Website 2.1
Search
Close this search box.

Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme dalam Perlombaan Peringatan Kemerdekaan, Pembina Afwaja Center: Jangan Lupakan Sejarah!

Perlombaan Peringatan Kemerdekaan, Santri Afwaja Center Mesir Program Ma'had Al-Azhar
Perlombaan Peringatan Kemerdekaan, Santri Afwaja Center Mesir

Kairo – Santri dan santriwati Afwaja Center Mesir mengikuti rangkaian lomba-lomba khas 17 Agustus dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI di Kairo, Kamis (17/8). Lomba-lomba yang diadakan, di antaranya lomba lempar sarung, masukkan sedotan dalam botol, lomba spon air, cerdas cermat, dan lomba futsal. 

Para santri mulai dari tingkat SMP hingga SMA terlihat antusias dalam mengikuti lomba- lomba tersebut, terlebih sebelum perlombaan dimulai para santri mengikuti ceremonial upacara peringatan 17 Agustus.

Bagaimana Sambutan Pembina Afwaja Center?

Dalam sambutan upacara peringatan 17 Agustus, Pembina Afwaja Center Muhammad Kamal Ihsan, Lc. M.A., menyampaikan bahwa segala kenyamanan dan kesejahteraan yang saat ini kita rasakan adalah hasil keringat dan darah yang dikeluarkan oleh para syuhada perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

Pemuda asli Banjarmasin ini juga mengingatkan bahwa tempo dulu mahasiswa Indonesia yang ada di Mesir terlibat aktif dalam penyebaran informasi kemerdekaan Indonesia hingga akhirnya kabar kemerdekaan ini sampai ke telinga pemerintah Mesir.

Apa Kata Salah Satu Pembimbing Afwaja Center?

Salah satu pembimbing di Afwaja Mesir, Ustaz Alfath Lalu Wicaksana mengatakan lomba-lomba tersebut merupakan momentum yang mengharukan karena semakin menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme di diri para santri. 

“Ini merupakan momentum yang mengharukan. Walau di tanah rantau, jiwa dan pikiran kami sedang merayakan kemerdekaan Indonesia. Kita semua menanti kebersamaan seperti ini,” katanya.

Dengan diadakan lomba-lomba tersebut diharapkan dapat menghadirkan keceriaan dan kegembiraan di kalangan santri-santri Afwaja yang jauh dari keluarga sehingga bisa merasakan seperti kemeriahan yang ada di Indonesia. Ustaz Muhammad Kamal Ihsan berharap dalam momentum HUT ke-78 RI, Indonesia dan dunia bisa menang betul-betul terbebas dari segala bentuk penjajahan. “Semoga Indonesia dan dunia makin sehat makin berkembang maju dan hebat,” katanya.

Acara peringatan hari kemerdekaan ini ditutup dengan acara pemberian hadiah untuk para pemenang lomba dan foto bersama seluruh santri dan pembimbing Afwaja Center Mesir.

Bagikan Artikel Ini:

Related Posts

Join Our Newsletter